Monday, January 2, 2012

My Stupid Boss 4 : Trust No One, Suspect Everyone!

Penulis : chaos@work
Penyunting : tka
Desain sampul : Ellina Wu
Published : November 2011
Penerbit : Gradien Mediatama
ISBN 13 : 9786022080336
edition language : Indonesian


Awalnya ke Gramedia tuh gak ada niat beli nih buku, soalnya masih banyak buku lain yg mo dibeli, makanya cuma ngerencanain beli 1 buku personal literature yaitu Manusia Setengah Salmon-nya Raditya Dika.
Bukannya gak berencana beli nih buku. Udah dimasukkin dalam planning kok, but not now. Dalam pikiran saya : buku ke-4 ini pasti lucu, tapi lucunya sama aja kyk buku2 sebelumnya. Sementara Manusia Setengah Salmon itu kan (katanya) hadir dalam format lucu-galau.

Tapi...berhubung penasaran juga sama buku ke-4 ini, saya ambillah 1 sample yang udah kebuka plastiknya. Baca halaman awal sampai ke bab preambule, langsung nyengir lebar di Gramedia, menahan diri untuk gak ngakak lepas. This is what I need right now. Saya perlu tertawa dan saya yakin buku ini bisa bikin saya ketawa. Dan akhirnya, tanpa berpikir lagi, saya bawa buku ini ke kasir.

Dan, saya pun nangkring di kedai kopi ditemani segelas tall frappuccino sambil bersyukur bahwa bos saya bukanlah bos terbangke sedunia :))

Hmm...apa lagi yang perlu dikatakan tentang buku ini? Sudah 4 buku, pembacanya juga pasti sudah tahu banget kelakuan bossman yang aneh-tapi-nyata itu.

Tapi sekedar info aja buat yang belum tahu... Buku ini adalah kumpulan curhat seorang Amoy Kerani (sekretaris) terhadap boss-nya yang di buku ke-4 ini dapat julukan kesayangan : Velociraptor. Yah nama si bos banyak sih. Ada kloningan lele, rantang, iguanadon, badak dan favorit saya : Sangkutan Sarung. Sudahlah, bisa penuh ini 1 postingan cuma bahas nama panggilan si bos aja =D. Pokoknya semua julukan sudah disematkan pada si bossman, kecuali nama aslinya aja (^o^)

Yup...sama seperti di buku-buku sebelumnya, bu Kerani masih merahasiakan identitas aslinya dan masih menggunakan nama pena chaos@work. Identitas bossman juga masih dirahasiakan, walau kali ini ibu Kerani kasi bocoran inisial nama Bossman.
Yang bisa pembaca ketahui hanyalah ibu Kerani adalah seorang Indonesia yang terdampar di Kuala Lumpur demi mengikuti sang suami yang ditugaskan disana. Nun di KL, ibu Kerani bekerja di pabrik/bengkel milik Bossman, pengusaha tajir dari Indonesia yang menikah dengan seorang wanita (tajir juga) asal Malaysia.

Dan jelassss...kelakuan Bossman ini gak ada normal-normalnya. Kalo normal mah gak bakal jadi 4 buku bukan? ;)
Sebenarnya kelakuan si Bossman itu sungguh amat sangat menyebalkan. Tapi ibu Kerani mampu meramunya jadi lucu dan mengubah image si Bossman yang menyebalkan jadi menggemaskan.

Contohnya waktu Kerani bercerita tentang prinsip sang Bossman yang berbunyi : "TRUST NO ONE, SUSPECT EVERYONE" itu. Ini penggalan kisahnya :
Kalo gue lagi kasih laporan pemakaian petty cash, gak peduli seberapa pun dia kasih duit, bisa makan waktu berjam-jam. Mo kasih duit 2000 ringgit kek, 20 ringgit kek, sama aja nyebelinnya.
Bossman : Ini apaan?
Gue : Itu bayar tol.
Bossman : Loh, ngapain bayar tol?
Gue : Itu kan ke Port Klang waktu urus tax
Bossman : Memangnya ada tol di sana?
Gue : Ya ada lah, Pak!
Bossman : Bentar, bentar...saya cek dulu di internet...duh ini kenapa sih mouse-nya kok macet ya...bentar,bentar...bener gak ya di Port Klang ada tol...
Sampai di situ, rasanya nyebelin bukan? Semacam pengen geplak pak boss yang curigation-nya kelewatan ituh :D.
Tapi Kerani mengubahnya jadi lucu dengan tambahan :
Si Velo itu sendiri udah ratusan kali ke Port Klang. Dia tau banget di sana ada tol sampek 3 kali pintu tol!!!! Masih kagak percaya juga. Kali ini gue rasanya bener-bener puanasssss banget, hiiihhh...gue sumpahin kutuan tu bulu ketek dia!!
Ya begitulah...
Yang tadinya mo gregetan ama si Bossman, malah berbalik jadi gemes karena gaya bercerita Kerani itu. Tebakan saya, aslinya mbak chaos@work ini memang orang yang selalu berusaha bersikap positif ya.

Dari segi teknik penulisan sih, tetap sama kayak dulu. Persis kayak gaya nulis curhatan di blog yang gak ada pakemnya. Ditulis dengan gaya khas ibu Kerani sehingga rasanya dia langsunglah yang bercerita. Segala teknik nulis, diksi, bahasa baku dan sebangsanya...silakan ke laut aja (^__^). Tapi saya suka lho, menyegarkan dan menunjukkan kemampuan ngoceh ibu Kerani yang sebenarnya.

Di buku ke-4 ini juga ada info menarik, ibu Kerani bilang kalo dia sedang mengerjakan 1 proyek menulis lagi yang gak ada hubungannya dengan Bossman.
Nah yang bikin saya penasaran : apakah di buku barunya ini, beliau masih akan menggunakan pengaruh chaos@work ato ganti dengan identitas lain?

Maksud saya dengan ganti identitas lain tuh seperti yang rencananya akan dilakukan JK Rowling. Jadi JKR pernah bilang setelah Harry Potter selesai, dia mau mengeluarkan novel fantasi lagi tapi gak bakal pake nama JKR. Dia mau pake nama lain dan rencananya sih fans gak akan dikasi tahu nama barunya. Bahkan segala keperluan promo buku dan semuanya pun gak akan memunculkan sosok dia. Soalnya dia gak mau karya terbarunya dibandingkan dengan Harry Potter.

atau...

Apakah ibu Kerani bakal masih pake pengaruh nama chaos@work? Jadi maksudnya, beliau bakal muncul pake nama lain sih, tapi semua orang juga tahu kalo itu adalah alter name-nya chaos@work. Yah...seperti Nora Roberts dan JD Robb-lah.

Tapi yang mana pun yang dipilih sama ibu Kerani, saya sih mendukung aja dan mendoakan semoga beliau sukses terus dengan karier dan hidupnya.
Soalnya semua seri My Stupid Boss-nya sudah bikin saya ngakak. Terutama buku ke-4 ini, yang menemani saya di hari pertama 2012 dan membuat saya melupakan kebetean sehari sebelumnya.

Dan semoga awal tahun yang diisi tawa menjadi pertanda bahwa setahun ini juga akan penuh tawa bagi saya. Amin :)


(PS : Oh..and thanks to you for that laughter, mba Kerani)

3 comments:

  1. kayaknya lebih lucu dari Curcol Kantor deh, ada kesamaan, sama-sama merahasiakan identitas, hahaha

    ReplyDelete
  2. Waaaahh kayaknya pengen beli dari buku satunya deh, lagi pengen ketawa-ketawa ngakak :)

    ReplyDelete
  3. @sulis : Kmrn aku sempat numpang baca Curcol Kantor. Lumayan sih, tapi jauh lebih lucu MSB. Soalnya bos di MSB jauh lebih ngeselin ;D

    @annisaanggiana : Hehehe...worth to collect kok kalo menurutku. Aku jg pertama baca pinjem pny teman, dan besoknya langsung beli lengkap seri 1-3 ^_^

    ReplyDelete