Thursday, November 1, 2012

Friday's Recommendation #4

Yihaaaa.....hari Jumat lagi. Waktunya untuk Friday's Recommendation. Saya sempat alpa ikutan meme ini gegara gak tahu klo meme-nya masih jalan.
But yah...dengan memegang prinsip better late than never, so here it is my 4th Friday's Recommendation.

Seperti biasa, posting rules-nya dulu ya :

1. Pilih jenis rekomendasi buku. Ada dua jenis rekomendasi, yang pertama dan sifatnya mutlak adalah Rekomendasi Buku untuk Diterjemahkan . Jika tidak ada buku yang direkomendasikan untuk diterjemahkan, maka bisa memilih pilihan kedua, Rekomendasi Buku Pilihan. Disini rekomendasikan buku yang paling kamu suka baca dalam minggu ini.

2. Pilih hanya
1 (satu) buku untuk direkomendasikan. Tidak boleh lebih.

3. Beri
sinopsis, genre buku dan alasan kenapa kamu merekomendasikan buku itu.

4. Posting button meme  di bawah ini :



5. Blogger yang sudah membuat memenya, jangan lupa menaruh link ke blog di daftar linky di bagian paling bawah post ini, sehingga pembaca bisa blog walking.

6. Untuk pembaca blog yang tidak punya blog, bisa menulis rekomendasinya di kolom komen.

7. Bahasa yang dipergunakan terserah. Jika memang khusus blog yang menggunakan bahasa Inggris, dipersilakan menulis dengan bahasa Inggris. Begitu juga sebaliknya.

Dan untuk kali ini buku yang akan saya rekomendasikan untuk diterjemahkan adalah :

Jenosaido 


Jenosaido (Genocide) by Kazuaki Takano
Genre : Misteri - Thriller

Berhubung sinopsis resminya dalam bahasa Jepang dan saya gak pinter menerjemahkan bahasa Jepang secara formal dan bagus, maka langsung saya kasih review singkat versi saya aja ya :
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Baca buku ini gegara penasaran sama pemenang Yamada Fuutarou Prize dan karena udah hopeless bakal diterbitkan terjemahannya di sini.

Dan ternyataaa....BAGUS! BAGUS!! BAGUS!!! SERU! SERU!!! SERU!!!

Cerita singkatnya gini :

Suatu hari, Presiden USA dapat laporan kalo telah ditemukan species baru. Dan "species" ini punya potensi besar untuk memusnahkan kehidupan manusia. Di laporan itu juga disuruh cek ke "Heisman Report". Apa itu "Heisman Report?" Masih misteri untuk saat itu.

Di Jepang, seorang peneliti virus, Koga Seiji, meninggal karena serangan jantung. Putranya, Koga Kento, dapat pesan dari ayahnya dan menemukan laboratorium rahasia. Di lab itu, ada formula obat baru yang ditemukan sang ayah untuk mengobati penyakit paru. Tapi anehnya, ada beberapa pihak yang ingin merebut formula obat itu.

Sementara itu, 4 tentara bayaran dikirim dalam sebuah misi rahasia yang sangat "dirty" tapi harus dilakukan untuk menyelamatkan dunia.
Mereka diberi tahu bahwa di Afrika sana, ada sekelompok suku asli yang menemukan virus baru dan sebelum virus ini menyebar (macam HIV ato Ebola), maka suku itu harus dimusnahkan. Terus, kalo mereka menemukan spesies yang mereka nggak kenal, maka spesies itu harus langsung dibunuh.


Sekarang, apa hubungan antara misi tentara bayaran itu dengan si scientist Jepang itu?
Dan apa benar misi yang dititahkan ke para tentara bayaran itu hanya sesederhana itu?
Lalu apa pula hubungannya dengan Heisman Report?

Baca ndiri aja ya (^o^)

Yang saya suka dari buku ini sih gaya penulisan Takano. Settingnya pindah-pindah dari USA, Jepang, Afrika tapi tetap kerasa smooth dan mengalir. Udah gitu, penulis mampu mendeskripsikan masing-masing setting dengan teliti bikin pembacanya bisa membayangkan lokasi yang dimaksud. Tapi setting-nya gak terlalu kelewatan detil juga yang bikin pembaca jadi pegel sendiri bayanginnya (got what i mean? :D)

Mengenai diksi, saya gak tau deh ini tergolong diksi indah ato gimana. Pemahaman bahasa jepang saya terbatas banget. Tapi yang pasti, tiap kalimatnya itu bikin "terpaku" ke buku dan rasanya pengen lanjut terus. A page turner deh. Sayangnya saya kudu rajin-rajin cek kamus bacanya. Jadi lambat deh progress nya. Shoot!

Dengar-dengar sih nih buku mo dibikin film (ato udah?) dan saya bisa bayangin betapa kerennya kalo difilmkan ntar.

Ada sih beberapa bagian yang ehm...terlalu absurd kali ya kayak yah...kok bisa ada serdadu anak-anak menyerang orang dewasa? (Kejadiannya di Afrika itu sih). Dan orang dewasa yang diserang itu para tentara bayaran pula.


Tapi buku ini bikin saya jadi bertanya-tanya:
- Apakah spesies lain yang lebih cerdas dari manusia merupakan ancaman?
- Kalo ancaman, lalu apakah boleh dibunuh?
- Kalo boleh, berarti manusia semestinya lebih mengancam bukan? Dan apakah kita (manusia) hanyalah sosok egois yang begitu takut dengan keberadaan sesuatu yang berbeda dari kita?

And any books that got me thinking like that means it worth a high rating :) (dan itu rating gak termasuk cover lho)

Mudah-mudahan ini buku diterjemahkan suatu hari nanti. Supaya saya bisa baca dan lebih paham lagi. *alasan egois*

11 comments:

  1. kyaaa thriller lagi, ak lagi nyoba mencicipi sedikit demi sedikit rasa thriller, lebih suka visualnya sih kalau genre kayak gini, mungkin Gramedia bisa nih, kayaknya sedang nglirik buku asia, kayak Tokyo Zodiak Murder kemaren :)

    ReplyDelete
  2. Wooh itu, bacanya pake bahasa Jepang? O.O

    Menjura

    Science fiction campure thriller yah? Genre aku banget nih, suka banget kalau misterinya kental. Bikin nebak2 sampai akhir <3

    ReplyDelete
  3. Sudah cukup baca Tokyo Zodiac Murder, ga tau kenapa, kok ngantuk ya? WKwkwk... Bukan my genre kayaknya...

    ReplyDelete
  4. waks, dewi baca bahasa aslinya? keren amat =) =) thriller jepang seru ya, meski feel nya beda sama thriller barat =)

    ReplyDelete
  5. @REN : Iyaa..pake bahasa jepang. Tapi yah gitu deh. Sepahamnya aja :|. Hmm...misterinya udah ketahuan di pertengahan, tapi yg seru nebak gimana endingnya

    @MBAK LILA : Wah...aku belum baca TZM jadi belum bisa bandingin. Tapi emang byk yg bilang TZM itu datar sih

    @ASTRID : Err...bacanya lama banget kok. Hampir setahun. Yep..thriller jepang itu bisa melebar kemana-mana

    @KILAS BUKU : Hehehe...iyaa...nihon go

    ReplyDelete
  6. Itu bacanya bahasa Jepang mba??? Pake huruf kanji gitu???? *pingsann*

    ReplyDelete
  7. @Ana

    Iya, Na. Pake kanji. Cuman yaaa gitu deh. Hampir setahun kelar bacanya

    ReplyDelete
  8. *Menjura*

    Bisa berapa bahasa, wi? Keren!!

    ReplyDelete
  9. @desty
    Yang aktif mah cuma 1 mbak : indonesia

    ReplyDelete