Saturday, February 25, 2012

Bordir

Data Buku :

Judul Asli : Embroideries
Pengarang : Marjane Satrapi
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
ISBN : 9792220070
Halaman : 138
Paperback
Terbit : Maret 2006

Di novel grafisnya ini, Marjane memfokuskan cerita pada neneknya dan kebiasaan beliau kumpul minum samovar (teh) di sore hari dengan teman-temannya sambil (apalagi kalau bukan) bergosip, baik gosip tentang diri sendiri atau pun orang lain.

Para wanita ini menceritakan pengalaman mereka (dan orang-orang yang mereka kenal) secara gamblang dan lucu. Dan topiknya pastilah tentang hal paling seru untuk diperbincangkan : pria dan sex!
Yap...pria dengan segala plus dan minusnya serta tradisi-tradisi Iran menyangkut perjodohan dan hal-hal konyol yang bisa terjadi karenanya.

Ada cerita tentang seorang wanita yang takut ketahuan calon suaminya kalo dia sudah nggak perawan lagi, dan untuk mengelabuinya dia membekali diri dengan silet di malam pertamanya. Niat awal sih untuk bikin luka sedikit di pahanya, tapi dia salah menggores dan malah kena ke private part suami barunya (ouch!).

Ada juga cerita lain tentang teman si nenek yang dijodohkan sewaktu berumur 13 tahun dengan pria berumur 69 tahun dan betapa dia sangat membenci suaminya sehingga dia berdoa siang malam semoga suaminya segera berpulang ke Tuhan YME. Bayangkan kebahagiaannya ketika doanya terkabul dan dia merasa memiliki dunia :))

Dan cerita yang paling lucu buat saya jelas cerita yang menyangkut teh dan sesuatu yang putih-putih. Gak seru kalo diceritain. Lebih asyik dibaca sendiri bagian yang ini.

Ada juga perdebatan kecil tentang keuntungan menjadi simpanan vs menjadi istri dan pentingnya sebuah keperawanan ato enggak. Dan hal ini membawa kita pada judul buku ini yaitu Bordir. Ternyata Bordir itu bukan membahas kain bordiran atau semacamnya toh. Tapi membahas tentang kegiatan bordir yang lain, yang melibatkan salah satu bagian tubuh wanita yang terkoyak. (PS : Nyambung gak? Hah...Enggak??? Oh well...sudahlah. Baca aja sendiri).

Membaca buku ini rasanya jadi orang ke-11 yang turut hadir dalam acara minum teh sore nenek Satrapi dan rekan-rekannya. Bacalah buku ini disertai segelas teh juga dan niscaya Anda akan merasa seperti ada dalam buku tersebut.

Swear, ini buku menarik banget. Lucu, witty humour (my favourite kind of humour), blak-blakan dan cepat pula dibaca. Gambarnya juga menarik dan bersih (dalam artian gak penuh dengan detail rumit). Dan sebenarnya saya pengen banget kasih lebih dari 3 bintang.

Sayangnya gak bisa, karena satu sebab remeh yaitu : Saya gak suka duduk ngumpul minum teh sambil ngegosipin orang yang saya gak kenal. Kalo saya punya waktu untuk minum teh di sore hari, percayalah teh itu akan saya habiskan sambil membaca buku, bukannya sambil ngalor ngidul gak jelas kayak gini.
Jangan salah, saya suka kok dengar cerita atau curhatan orang. But please, bukan tentang orang yang saya gak kenal. Dan please juga deh, jangan bahas aib orang dong.

So...though I enjoyed my tea time with The Satrapis, but I'm not sure I wannna do it again some other time.

6 comments:

  1. blog walking
    saya juga suka ngumpul sesama ibu2 tapi ga gitu2 amat :D
    btw buku ini memang lucu

    ReplyDelete
  2. Belon kesampean baca buku yang satu ini, haha, padahal temen gua ada yang segitu merekomendasikannya :D Mungkin pengaruh gambarnya juga, huehehe.. gua kurang suka sih, udah terbiasa ama yang imut2 ala komik Jepang jadi kurang sreg ngeliat gambar di sini :)

    ReplyDelete
  3. Huahaha buku ini ternyataaa isinya ;D
    Dulu pas mau pinjem buku ini ke temen ditanya dulu umurnya berapa -.-
    Padahal bukunya ga kenapa kan yaaa hehehe. :D

    ReplyDelete
  4. @nannianest : hehehe...kalo ngumpul2 dan curhat2 sih gak papa. saya juga suka. tapi klo buat gosip, err... gitu deh :D

    @Indah : bagus kok bukunya, ndah. Jgn dianggap manga. Anggap aja novel grafis (apapun artinya itu). Hehehe...

    @Merry Riansyah : Hahaha...iyaa....buku ini lucu banget sebenarnya. Suka sama kekonyolan cerita mrk. Dan rasanya kyk bener2 ikutan nge-teh bareng mereka ya

    ReplyDelete
  5. Hai hai mbak :)

    Saya suka buku ini, unik dan bener kata mbak berasa ikutan ada di sana dengerin ibu-ibu ngobrol heheh

    ReplyDelete
  6. @Mia : Saya juga suka karena uniknya kok. Makanya ini buku masih sayang di-swap :D

    ReplyDelete